20080622

Rencana strategis pengembangan perpustakaan IAIN Mataram(2008-2012)

PENTAHAPAN KEGIATAN PERPUSTAKAAN IAIN MATARAM
MULAI TAHUN 2008-2012


Pentahapan kegiatan perpustakaan IAIN Mataram 5 tahun kedepan yang dimulai pada tahun 2008 sampai 2012 meliputi tahapan sebagai berikut:
I. Tahapan Pengembangan Koleksi Bahan Pustaka meliputi :
1. Pengembangan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2008
Perpustakaan IAIN Mataram, Pada bulan mei 2008 diadakan penambahan 810 judul dan 3000 eksemplar.
2. Pengembangan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2009
Pada bulan desember 2009 akan diadakan penambahan koleksi bahan pustaka berjumlah 750 judul dan 2000 eksemplar.
3. Pengembangan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2010
Pada bulan desember 2010 akan diadakan penambahan koleksi bahan pustaka berjumlah 350 judul dan 1500 eksemplar dan ditambah dengan koleksi non buku.
4. Pengembangan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2011
Pada bulan bulan desember sampai januari 2011 akan mengadakan penambahan koleksi bahan pustaka berjumlah 400 judul, 900 eksemplar dan ditambah koleksi non buku 100 buah.
5. Pengembangan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2012
Pada bulan desember dan januari 2012 masih akan dilakukan penambahan koleksi bahan pustaka berjumlah 600 judul dan 850 eksemplar.
II. Tahapan Pengembangan Pengadaan Koleksi Bahan Pustaka meliputi :
1. Pengembangan pengadaan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2008
Perpustakaan IAIN Mataram untuk menyusun rencana operasional pengadaan bahan pustaka yaitu :
a. Merumuskan kebijakan tentang koleksi, mencakup pedoman, peraturan, penekanan dan penyediaan anggaran dengan cara memperlajari peta dan kondisi pemakai, pengguna dari Perpustakaan IAIN Mataram adalah : mahasiswa, dosen, dan karyawan, maka jenis koleksi yang dibutuhkan adalah disesuaikan dengan animo pengguna, dengan melakukan penyeleksian dengan cara memilih dengan menggunakan katalog terbitan, brosur dan selebaran, bibliografi, katalog penerbit, daftar tambahan dosen, karyawan dan mahasiswa.
b. Melakukan survei minat baca, survei dari minat pemakai dilakukan dengan mengadakan wawancara dengan para pengguna yang rajin menggunakan perpustakaan, atau menyediakan formulir isian untuk pengunjung perpustakaan.
c. Prosedur Pengadaan Bahan Pustaka
Prosedur proses pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan IAIN Mataram sebagai berikut :
a. Pembelian
Sebelum proses pembelian bahan pustaka dilakukan, Perpustakaan IAIN Mataram :
1. Menerima daftar terbitan, baik dari penerbit atau dari toko buku.
2. Mengajukan permintaan daftar usulan kepada masing-masing fakultas tentang buku yang dibutuhkan.
3. Menerima usulan dari fakultas diseleksi oleh direktur, kemudian dari hasil seleksi diajukan langsung kelembaga ( Rektorat)
4. Bila sudah disetujui maka buku-buku siap dipesan. Pemesanan buku dilakukan secara langsung ke toko buku atau penerbit.
2. Pengembangan pengadaan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2009
Perpustaakaan IAIN Mataram dalam pengadaan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2009 masih melakukan rencana, program dan prosedur tahun 2008, namun pengadaan dilakukan dengan membeli juga menerima sumbangan atau hadiah secara langsung dan Cuma-cuma baik perorangan, lembaga, yayasan dan laiinya dengan penjelasan sebagai berikut :
a. Perorangan, yaitu didapat dari mahasiswa, dosen, alumni, maupun dari karyawan.
b. Lembaga swasta atau pemerintah yang memberikan hadiah berupa buku-buku, majalah, peraturan perundang-undangan dan sebagainya.
3. Pengembangan pengadaan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2010
Perpustakaan IAIN Mataram dalam pengadaan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2010 masih bertitik tolak pada perencanaan, program dan prosedur pada tahun 2008, 2009, namun ada penambahan dalam pengadaan koleksi yaitu :
a. Melakukan duplikasi koleksi
Salah satu untuk memperbanyak koleksi yang koleksi tersebut harganya mahal dan sulit diperoleh, terutama buku-buku import maka dengan cara menggandakan atau fotocopy misalnnya DDC, UDC, LC
b. Tukar menukar
Cara lain untuk menambah koleksi adalah dengan cara tukar menukar bahan pustaka milik sendiri dengan perpustakaan lain, instansi atau lembaga yang lain. Hal ini dilakukan atas persetujuan lebih dahulu sebelum melakukan tukar menukar bahan pustaka.
4. Pengembangan pengadaan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2011
Perpustakaan IAIN Mataram dalam pengadaan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2011 masih tetap bertitik tolak pada perencanaan, program dan prosedur pada tahun 2008, 2009 dan 2010. namun pengadaan koleksi untuk tahun 2011 dilakukan dengan penerbitan berseri yaitu penerbitan yang dilakukan perpustakaan sendiri, misalnya: pembuatan kliping Koran dan majalah.
5. Pengembangan pangadaan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2012
Perpustakaan IAIN Mataram dalam pengadaan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2012 masih bertitik tolak pada perencanaan, program dan prosedur pada tahun 2008, 2009, 2010, dan tahun 2011. namun pada tahun 2012 perpustakaan IAIN Mataram dalam pengadaan koleksi melakukan silang layan antar perpustakaan serta melakukan penelusuran di internet untuk memperoleh koleksi terbaru dan mutahir. Adapun upaya peningkatan pengadaan bahan pustaka di IAIN Mataram adalah dengan membuat kebijakkan tertulis, pembentukan tim atau panitia pengadaan bahan pustaka, membuat uraian tugas secara jelas dan mengefektifkan sumbangan buku dari alumni.
III. Tahapan Pengembangan Pengolahan Koleksi Bahan Pustaka meliputi
1. Pengembangan pengolahan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2008
Perpustakaan IAIN Mataram dalam melakukan pengolahan dilakukan sejak bahan pustaka diterima dibagian pengadaan perpustakaan sampai proses akhir dan siap dipinjamkan. Kegiatan yang dilakukan pada bagian pengolahan (layanan teknis) yaitu :
1). Pengolahan Bahan Pustaka
a. Inventarisasi
Adapun kegiatan inventarisasi sebagai berikut :
1. Buku dicatat dalam buku induk dan dimasukkan datanya kedalam pangkalan data komputer.
2. Memberi nomor induk pada buku yang bersangkutan dengan cap dan stempel kepemilikan yang telah ditentukan.
b. Klasifikasi
Buku diklasifikasi dibuat nomor panggilnya untuk menentukan subjek dan nomor kelas. Perpustakaan IAIN Mataram menggunakan sistem klasifikasi DDC edisi 20 dan 21 dan Daftar Tajuk Subjek edisi lama.
c. Katalogisasi
Setelah diklasifikasi maka dibuatkan data bibliografi koleksi kedalam katalog, setelah itu melakukan entri data kedata base dalam komputer untuk keperluan pembuatan kartu selflist.
d. Proses akhir/labeling
Kegiatan ini mencakup pembuatan label buku ( no klas, 3 huruf nama pengarang dan satu judul buku) penempelan label, pembuatan slip peminjaman, kantong buku dan penempelan berkode.
e. Pemeliharaan
Buku-buku yang telah rusak dikumpulkan dibagian pemeliharaan untuk diperbaiki berupa penjilidan dan pengadaan.
2). Pengolahan Majalah
Pengolahan majalah di Perpustakaan IAIN Mataram adalah sebagai berikut :
a. Majalah yang diterima dari langganan atau hadiah langsung dicatat pada buku induk majalah meliputi judul mjalah, volume, nomor, kala terbit dan tahun terbit.
b. Diberi cap/ stempel perpustakaan IAIN Mataram
c. Data majalah dimasukkan dalam komputer
d. Majalah dijajarkan dirak sesuai dengan abjad judul.
e. Informasi majalah baru bisa dilihat pada daftar tambahan koleksi yang ditempatkan pada rak katalog maupun meja penelusuran OPAC.
3). Pengolahan Karya Ilmiah
Karya ilmiah yang diserahkan ke Perpustakaan di invetarisasi diberi cap inventarisasi dan stempel kepemilikan. Kemudian dicatat pada buku induk, selanjutnya diberi nomor klasifkasi dan dicatat dalam bibliografi pada lembar manual kemudian di entri pada pangkalan data karya ilmiah di komputer selanjutnya proses akhir menempelkan label, karya ilmiah siap dijajarka dirak dan siap dilayankan.
2. Pengembangan pengolahan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2009
Perpustakaan IAIN Mataram untuk tahun 2009 dalam pengolahan koleksi bahan pustaka masih berpedoman pada tahun 2008, yaitu : pengolahan bahan pustaka, majalah, dan karya ilmiah melakukan inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, nmun pada labeling buku dilakukan menggunakan sensor matic
3. Pengembangan pengolahan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2010
Perpustakaan IAIN Mataram untuk tahun 2010 dalam pengelolahan koleksi bahan pustaka masih berpedoman pada tahun 2008 dan tahun 2009, namun pada tahun 2010 dilakukan pengolahan koleksi bahan pustaka dengan metadata. Metadata adalah : sebagai bentuk pengindentifikasian, penjelasan suatu data, atau struktur dari sebuah data dengan INDOMARC. INDOMARC (Machine Readable Cataloging (MARC), merupakan format sebagai salah satu syarat penulisan katalog koleksi bahan pustaka perpustakaan. Format LC MARC ternyata sangat besar manfaatnya bagi penyebaran data katalogisasi bahan pustaka keberbagai perpustakaan didalam dan luar Kalimantan Barat. INDOMARC merupakan format untuk tukar menukar informasi bibliografi melalui format digital atau media yang dibaca mesin (Mesin-Readable).
4. Pengembangan pengolahan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2011
Perpustakaan IAIN Mataram untuk tahun 2011 pengolahan koleksi bahan pustaka masih berpedoman pada tahun 2008 sampai tahun 2010 yang pengolahannya menggunakan format INDOMARC dengan menambah jumlah pengelolahan cantuman bibliografi yang sangat lengkap terdiri dari 700 elemen dan dapat mendeskripsikan dengan baik kebanyakan objek fisik sumber pengetahuan, seperti : jenis monograf (BK), manuskrip (AM), dan terbitan berseri (SE) termasuk buku pamphlet, lembar tercetak, atlas, skripsi,tesis dan disertasi dan jurnal buku langkah.
5. Pengembangan pengolahan koleksi bahan pustaka untuk tahun 2012
Perpustakaan IAIN Mataram tetap mempertahankan format INDORMAC tahun 2011 namun dilakukan perbaikan dengan menggunakan Dublin Core merupakan salah satau skema meta data yang digunakan untuk web resource description and discovery. Elemen Dublin Core dan MARC bisa saling dikonversikan dan memiliki deskripsi yang sangat sederhana, sistematik, expandable memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut.
IV. Tahapan Pengembangan Layanan Pengguna meliputi :
1. Pengembangan layanan pengguna untuk tahun 2008
Perpustakaan IAIN Mataram menggunakan sistem terbuka yaitu pengguna bisa langsung ke rak dan mengambil sendiri buku yang dikehendaki, terdiri atas : layanan sirkulasi (Peminjaman buku), layanan referensi, layanan bimbingan pemakai, layanan foto copy.
2. Pengembangan layanan pengguna untuk tahun 2009
Perpustakaan IAIN Mataram masih menerapkan sistem terbuka selain layanan tahun 2008, untuk tahun 2009 mulai menerapkan layanan daftar bibliografi tambahan koleksi, perpustakaan membuat 4 daftar bibliografi koleksi baru yaitu : daftar bibliografi tambahan koleksi buku baru, daftar bibliografi tambahan koleksi skripsi baru dan daftar tambahan koleksi thesis dan disertasi baru.
3. Pengembangan layanan pengguna untuk tahun 2010
Perpustakaan IAIN Mataram mulai menyempurnakan layanan perpustakaan berbasis e- library dengan penelusuran menggunakan internet menjangkau keseluruh dunia dan penelusuran informasi dengan menggunakan koleksi CD-ROM.
4. Pengembangan layanan pengguna untuk tahun 2011
Perpustakaan IAIN Mataram menerapkan layanan berbasis digiatalisasi, semua koleksi yang diinformasikan dalam bentuk digital, koleksi perpustakaan dengan memanfaatkan jaringan informasi. Konsep perpustkaan digital merupakan organisasi yang mengoleksi rujukan kesumberdaya yang berbasis web di internet bukan sumberdaya sendiri.
5. Pengembangan Layanan pengguna untuk tahun 2012
Perpustakaan IAIN Mataram akan membuat konsep perencanaan
E-learning yang memanfaatkan teknologi jaringan yang memungkinkan pemakai informasi secara bersama dari berbagai tempat terpisah sambil sekaligus melakukan pembaharuan, penyimpanan dan penemuan, penyebaran pengetahuan secara terus menerus. E-learning berisi hal penting mengenai lingkungan belajar yang memungkinkan kelas, perpustakaan, laboratorium, rumah, dan tempat kerja menjadi satu kesatuan virtual yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik secara bersamaan dan berkesinambungan. Selanjutnya konsep yang akan dikembangkan dalam pelayanan diperpustakaan IAIN Mataram adalah E- Research menjaring peneliti, meraih pengetahuan.
V. Tahapan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Pustakawan)
1. Pengembangan sumber daya manusia untuk tahun 2008
Perpustakaan IAIN Mataram mulai berbenah diri dalam pemanfaatan sumber daya manusia secara optimal, hal ini dilakukan untuk menyongsong program 5 tahun kedapan.untuk kesiapannya perpustakaan IAIN Mataram mulai memberikan pelatihan-pelatihan secara informal mengenai pengadaan, pengolahan, pelayanan yang bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan. Pelatihan tersebut dilakukan secara kontinue dua kali dalam seminggu, ini dilakukan untuk melihat sejauh mana perkembangan dalam melaksanakan tugas-tugas sehari-hari, dan memberikan wawasan berfikir mengenai ilmu pengetahuan yang terus berkembang untuk itu petugas perpustakaan harus berkembang dengan seiring perkembangan ilmu pengetahuan yang membutuhkan informasi secara cepat, tepat dan akurat.
2. Pengembangan sumber daya manusia untuk tahun 2009
Perpustakaan IAIN Mataram mulai memberdayakan SDMnya selain memberikan pelatihan, juga mengirimkan wakil-wakilnya untuk mengikuti diklat pegawai (In the job training) yang diadakan oleh perpustakaan nasional yang berhubungan dengan perpustakaan. Selain itu mengikutkan dalam kegitatan seminar-seminar perpustakaan, symposium, maupun pertemuan-pertemuan lembaga IPI. Kegiatan ini dilakukan untuk menggali dan memperoleh pengetahuan baru dibidang perpustakaan dan mempererat siraturahmi antar anggota IPI.
3. Pengembangan sumber daya manusia untuk tahun 2010
Perpustakaan IAIN Mataram mulai secara rutin mengirim karyawannya untuk mengajukan beasiswa dan menyekolahkan kebidang ilmu perpustakaan dan informasi di seluruh Indonesia, khususnya Jakarta, jawa untuk menimbah ilmu. Karyawan yang disekolahkan rata-rata taman D2 dan D3, hal ini dilakukan untuk menambah ilmu pengetahuan serta memacu karyawan yang berpotensi untuk selalu komitmen dengan segala tugas yang diembannya.
4. Pengembangan sumber daya manusia untuk tahun 2011
Perpustakaan IAIN Mataram mulai memberikan khursus-khursus dalam kepada karyawan yang berpendidikan S-1 pustakawan dan mengirim untuk pendidikan formal melanjutkan ke S-2 perpustakaan di Indonesia belum sampai keluar negeri. Pengiriman karyawan S-1 perpustakaan untuk melanjutkan S-2 perpustakaan dalamjumlah yang banyak, hal ini dilakukan karena kebutuhan akan tenaga-tenaga yang terampil dan profesional dalam mengolah perpustakaan.
5. Pengembangan sumber daya manusia untuk tahun 2012
Perpustakaan IAIN Mataram mulai membuat suatu perencanaan yang matang dalam memberdayakan SDM, yaitu mulai menyekolahkan dan mengikut sertakan karyawan dalam pendidikan profesional yang mempunyai potensi dan keahlian untuk menambah kemampuan bahasa, komputer, dan teknologi informasi serta magang, studi banding serta mengirim untuk melanjutkan sekolah S-2 dan S-3 keluar negeri, karena ilmu perpustakaan terlengkap, terhebat dan modern ada diluar negeri, sehingga ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat dan terus dikembangkan di perpustakaan IAIN Mataram.
VI. Tahapan Pengembangan Anggaran Dana Perpustakaan meliputi :
1. Pengembangan anggaran dana perpustakaan untuk tahun 2008
Perpustakaan IAIN Mataram mendapatkan dana pengembangan koleksi dan untuk menunjang kegiatannya, sumber dana berasal dari dana rutin, SPP/DPP dan P3T. Dana tersebut berjumlah Rp. 3000.000.000,00, anggaran yang tersedia tersebut diperuntukan pengaaan bahan pustaka tercetak dan non tercetak, melengkapi sarana dan prasarana dan pembangunan gedung serta mengadakan kegiatan pelatihan, khursus untuk karyawan dan lain sebagainya. Untuk memperoleh anggaran dana dan pengembangan dana perpustakaan IAIN Mataram akan melakukan negosiasi dengan pimpinan universitas yaitu Rektor untuk memberikan tambahan anggaran dana rutin, SPP dan P3T.
2. Pengembangan anggaran dana perpustakaan untuk tahun 2009
Perpustakaan IAIN Mataram dalam pengembangan anggaran melakukan kegiatan-kegiatan kerjasama antar perpustakaan dengan melakukan kegiatan promosi secara bersama dengan pihak lembaga swasta yang bonafit sehingga hasil pemasukan dari promosi dapat digunakan untuk penambahan anggaran.
3. Pengembangan anggaran dana perpustakaan untuk tahun 2010
Perpustakaan IAIN Mataram mulai merancang pembentukan mitra kerja dan jaringan sekaligus mengandung dua hal pokok. Pertama dalam rangka mengembangkan misi dan visi masing-masing lembaga. Kedua pihak sama-sama memperoleh nilai tambah atau manfaat dan keuntungan . melakukan mitra kerja dengan penerbit, toko buku, agen, distributor, penjualan langsung akan menguntungkan perpustakaan karena sumber keuangan akan mudah mengalir dari pihak-pihak yang diaajak kerjasama sehingga merupakan nilai tambah anggaran perpustakaan.
4. Pengembangan anggaran dana perpustakaan untuk tahun 2011
Perpustakaan IAIN Mataram masih tetap membangun jaringan yang lebih luas (Net work) dengan membentuk pangkalan data atau bank data sehingga informasi yang diakses oleh pemakai dan informasi diperlukan oleh pemakai akan merupakan sumber masukan untuk menambah anggaran perpustakaan dari jasa informasi yang diberikan.
5. Pengembangan angggaran dana perpustakaan untuk tahun 2012
Perpustakaan IAIN Mataram tetap melakukan kerjasama lebih luas, kerjasama promosi, dan publikasi serta melakukan pembinaan jaringan, pembinaan penelitian, pengembangan (Litbang) sehingga dari kegiatan tersebut merupakan sumber pemasukan anggaran yang lebih besar dari hasil kegiatan tersebut. Untuk itu Perpustakaan IAIN Mataram terus menerus melakukan kersama dan membentuk jaringan yang kuat sehingga informasi tidak ketinggalan.

1 komentar:

adiest cam mengatakan...

Otomasinya gmn kok gak pernah disinggung, sebagai salah satu sarana pendukung yang mendasar namun memiliki efek yang luas. Upaya pendayagunaan koleksi perpustakaan akan menjadi maksimal apabila ditunjang dengan otomasi perpustakaan yang baik....nah di IAIN Mataram sendiri, apakah sudah ada upaya semacam itu? sekarang perpustakaan bukan hanya sekedar sebagai gudang penyimpanan buku tetapi perpustakaan sebagai sumber informasi yang fungsinya adalah mempertemukan masyarakat pengguna dengan sumber informasi, lalu bagaimana caranya untuk mempertemukan kedua hal tadi secara cepat, tepat, dan praktis? disinilah peran dan fungsi otomasi perpustakaan itu sendiri....mari kita berbenah diri, untuk menjadikan perpustakaan indonesia yang lebih baik....

salam


Nastiadi